Kelinci merupakan hewan mamalia yang termasuk dalam golongan famili Leporidae. Pada masa sebelumnya kelinci merupakan hewan liar yang hidup di daratan afrika dan eropa. 

Dan pada masa itu belum ada yang bisa mengembang biakkannya menjadi hewan ternak. Sehingga kelinci menjadi salah satu target hewan buruan utnuk dijadikan bahan konsumsi sehari-hari. 

Dengan berkembangnya zaman akhirnya kelinci bisa dijinakan melalui proses seleksi dan penyilangan yang dilakukan manusia. Dimana pada tahun 1912 jenis atau famili kelinci di bagi menjadi dua, yaitu octhonidae dan leporidae. Hingga sampai saat ini telah ada banyak jenis-jenis kelinci yang bisa untuk peliharaan dimana setiap jenisnya memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.


Adapun cara-cara memilih kelinci yang bagus dan sehat sebagai hewan peliharaan dirumah sebagai berikut :
1.       Periksa seluruh tubuh kelinci
Sebelum membeli, hendaknya kita memeriksa dulu keadaan fisiknya. Kelinci yang sehat memiliki beberapa ciri baik dari kepala sampai ekornya. Dimana untuk melakukan cara pemeriksaannya sangatlah mudah khususnya bagi para pemula. Pilihlah kelinci yang bentuk kepalanya porposional dengan tubuhnya, matanya segar dan tidak layu pandangannya.
Periksalah bulunya apakah mengalami kelainan (sakit/rontok), kelinci yang sehat memiliki bulu yang halus dan enak bila kita pegang. Cek juga bagian kaki dan kukunya apakah terlihat tegak dan bersih. Dan yang terakhir periksa ekor kelincinya. Untuk kategori kelinci yang bagus dan sehat memiliki ekor yang sejajar dengan tulang punggung dan tegak.


2.       Usia kelinci
Untuk membeli kelinci, pilihlah yang memiliki usia di atas 3 bulan. Karena pada usia itu kelinci sudah bisa makan sendiri. Pada umumnya bila kita membeli kelinci di bawah umur 3 bulan maka rentan terkena penyakit, karena pada masa itu kelinci masih menyusui pada induknya.

3.       Pemilihan jenis kelinci
Bertanyalah pada si penjual jenis kelinci apa yang dijualnya apakah jenisnya sesuai dengan yang diinginkan, agar tidak ada penyesalan di kemudian harinya. Kelinci yang bagus ialah ras asli bukan hasil persilangan. Jenis kelinci pun menentukan harga jualnya, dengan mengetahui jenisnya kita bisa memperkirakan harganya.

4.       Lokasi tempat pembelian
Carilah tempat penjualan kelinci yang memiliki kualitas perawatannya yang bagus dan bersih. Sehingga keadaan kelinci yang di jual tidak dalam keadaan stress.
Itulah tips sederhana dan mudah untuk memilih kelinci yang sehat dengan kualitas bagus sebagai hewan peliharaan di rumah.
Semoga bermanfaat bagi pembaca!!!!!


[recent][fbig2 animated]
Powered by Blogger.