Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa informsi tentang cara mengunci folder baik itu yang ada didalam flashdisk maupun di Os windows. Terkadang ada sebagian orang yang ingin folder atau filenya menjadi privasi atau tidak ingin diakses oleh orang lain, oleh sebab itu perlunya untuk mengunci folder atau file.


Cara Mengunci Folder di Flashdisk & Windows

Kebanyakan beberapa artikel yang ada diblog atau website tetangga mereka membahas Bagaimana cara mengunci folder tanpa software/aplikasi. Menurut saya sih oke saja, karena saya juga pernah mencobanya, akan tetapi sebelum kita mengunci folder tersebut kita harus melakukan beberapa setting atau pengaturan pada file dengan existensi .bat , trus yang jadi masalah lagi, apabila orang yang sudah tahu tentang trik itu, mereka masih bisa akses filenya dengan cara membuka file .bat nya dan lihat passordnya, maka file sudah bisa diakses. 
Atau dengan cara lama, yaitu dengan cara hidden foldernya dan inipun kelemahannya sangatlah fatal, karena apabila pengaturan "Show hidden files, folder and drive" diaktifkan maka file kita juga bisa diakses.

Nah kemudian bagaimana caranya yang tepat agar lebih aman dan proteksinya terjamin. Cobalah untuk instal aplikasi Lockdir.

Aplikasi ini sifatnya portable, jadi bisa langsung dijalankan tanpa harus instal terlebih dahulu. dan ukurannya juga sangatlah kecil, yaitu 842 KB saja.
Download Lockdir. Atau Kunjungi Ke Website Resmi di http://kakasoft.com

Tahapan Mengunci Folder di Flashdisk maupun di Windows:
  1. Simpanlah "Lockdir.exe" didalam folder yang akan dikunci.
  2. Double Click/ klik dua kali lockdir.exe
  3. Pilih"Protect Default" itu artinya anda menggunakan setting default yang ada.
  4. Jika Pilih "Protect Another" Berarti anda dapat memilih folder mana yang akan anda kunci dan tentunya file yang diproteksi tidak menjadi satu folder dengan Lockdir. Saya sarankan gunakan yang default.
  5. Setelah itu Masukkan sandi/Password pada inputan seperti pada gambar diatas. kemudian masukkan ulang pada inputan "Re-enter" artinya anda harus inputkan sandi yang sama.
  6. Klik ikon panah disamping kiri. Saya sarankan, anda masukkan email pada kolom email. tujuannya apabila anda lupa sandi/password. anda bisa mengembalikannya dengan cara kirim vida email.
  7. Setelah itu klik button  "Protect".
Maka proses proteksi sudah selesai. dan file anda sudah terjamin aman, meskipun anda instal Windows pun file anda akan tetap terprotect.

Tahapan Membuka proteksinya:
  1. Double Click  Pada lockdir.exe, Kemudian masukkan sandi yang sudah anda inputkan sebelumnya (Harus Ingat ya).
  2. Ada pilihan 3 radio button, "Virtual Disk" (Membuat disk baru yang bersifat virtual, seperti pastisi disk baru). "Temporary" (File langsung akan ditampilkan dalam folder yang diprotect). "complete" (setelah sandi benar dan terbuka protectnya, maka otomatis proteksinya hilang dan tidak terproteksi lagi). Saran saya pilih yang "Temporary".
  3. Kalau Lupa Password bagaimana? Masukkan saja email yang sudah anda masukkan di tahap awal tadi, yang pastinya anda mempunya koneksi internet. Tunggu beberapa saat hingga sandi dikirim.

Semoga Cara Mengunci Folder di Flashdisk  atau Windows, ini dapat bermanfaat, jangan lupa untuk share artikel ini. berikan komentar apabila ada yang tidak jelas atau saran apabila cara saya kurang tepat dalam penyampaiannya.
Terima Kasih Sahabat Bahalap.
Saya Harap Anda Selalu dalam keadaan Bahalap.



[recent][fbig2 animated]
Powered by Blogger.