Kalimantan Tengah Merupakan Provinsi yang berada di Kepulauan Kalimantan yang beribukota di Palangkaraya dengan luas wilayah sekitar 157,983 km persegi. Sebagai Provinsi terluas di kalimantan, Kalimantan Tengah juga memiliki banyak objek wisata yang indah jika dieksplore dengan baik, bahkan tidak kalah juga dengan tempat wisata didaerah lain yang akan membuat tujuan wisata bagi turis lokal maupun asing.

Berikut adalah 5 Pesona Objek Wisata di Kalimantan Tengah yang sangat menarik.

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Bagi anda yang belum pernah melihat berbagai macam jenis hewan Primata, Tanjung puting adalah tempat yang cocok untuk anda, taman nasional ini merupakan rumah bagi spesies yang dilindungi endemik  sperti orangutan, bekantan, monyet merah, beruang, rusa, dan kucing liar.

Taman nasional tanjung puting adalah salah satu cagar alam yang ditetapkan UNESCO sebagai cagar biosfir dan merupakan tempat rehabilitasi orang utang. Disini anda bisa menikmati alam dan melihat hewan endemik indonesia. Taman Nasional Tanjung Puting terletak di semenanjung barat daya tepatnya di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalimantan Tengah. Pada tahun 1936, daerah ini adalah cagar alam dan suaka margasatwa, kemudian ditetapkan sebagai taman nasional pada tahun 1984.

Ketinggian Taman Nasional Tanjung Puting berkisar 0-100 meter di atas permukaan laut memiliki beberapa jenis ekosistem hutan hujan tropis, dataran rendah, hutan tanah kering, hutan rawa air tawar, hutan bakau, hutan pantai, dan hutan sekunder. Taman Nasional Tanjung Puting juga merupakan pusat rehabilitasi orang utan pertama di Indonesia. Ada beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi termasuk Tanjung Harapan, Pondok Tanggui, Camp Lakey, Natai Lengkuas, Danau Burung dan Sungai Buluh

2. Taman Nasional Bukit Raya

Bukit Raya Taman Nasional merupakan kawasan konservasi yang terletak di perbatasan antara Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
Taman Nasional Bukit Raya merupakan tempat pengamatan berbagai jenis satwa hutan, dan tumbuhan khas yang ada didaerah kalimantan tengah antara lain Burung Ruai, jenis Burung Enggang, landak, utung merah, beruk, ikan seluang, baung adung.

Mencatat 817 spesies tanaman, yang ada tanaman untuk obat-obatan, kerajinan, bahan bangunan, konsumsi, dan berbagai jenis anggrek hutan, dan bunga dari tanaman parasit yang terbesar / dunia bunga bangkai. Bukit Raya merupakan gabungan dari Bukit Baka Nature Reserve di Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah, pengaturan bahkan daerah ini mengalami banyak perubahan. Beberapa tempat menarik untuk dikunjungi adalah karpet SII Jeram (River Ella), Climbing (G. Puncak Bukit Raya dan Puncak Bukit Raya), dan Hot Air Sepan POI (Desa Batu Panahan).

3. Taman Nasional Sebangau

Perjalanan menuju Taman Nasional Sebagau memakan waktu sekitar 20 menit dari bandara Chilik Riwut Palangkaraya,  tiba di dermaga Kereng Bangkirai yang merupakan pintu masuk ke taman nasional.

Jika Anda Sudah pernah mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting, tentu anda sudah melihat sendiri aksi dan bentuk dari Orangutan, di Taman Nasional Sebagau anda juga dapat melihatnya kembali Hewan Primata yang satu ini.Diperkirakan 6.500 ke 9.000 populasi orangutan liar tersebar di seluruh hutan gambut.

 Wilayah Taman Nasional Sebangau sekitar 568 700 ha, dengan sumber daya alam dimilikanya mencakup 808 spesies tanaman, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung, dan 54 spesies ular. Jenis-jenis flora yang tumbuh subur di daerah rawa gambut sebagai taman nasional memiliki nilai ekonomi yang baik dari produk kayu dan non-kayu.

Beberapa jenis kayu komersial seperti Ramin, Meranti Java , Jelutung, Nyatoh, Calophyllum, Kapur Naga dll Adapun spesies fauna yang ada orangutan, Bakantan, Beruang owa, burung enggang, Tiger Daun, Ekor Panjang Monyet dan lain-lain.

4.  Nyaru Menteng Arboretum

Arboretum Nyaru Menteng merupakan kawasan hutan hujan tropis yang ada di kalimantan tengah yang menyimpan banyak jenis flora dan fauna unik yang bisa dilihat terutama spesies pohon hutan rawa. Arboretum Nyaru Menteng luasnya sekitar 65,2 hektare yang merupakan bagian dari bumi perkemahan pramuka adalah kawasan pelestarian plasma nutfah ekosistem hutan rawa di Propinsi Kalteng.

Arboretum Nyaru Menteng adalah daya tarik yang menarik dalam bentuk hutan di mana ada banyak spesies flora dan fauna serta koleksi berbagai jenis tanaman. Selain wisata alam dan kawasan lindung, Arboretum Nyaru Menteng terletak penelitian tanaman langka di Sub Tumbang tahay Kecamatan Palangkaraya Bukit Batu.

Fasilitas lain yang Orangutan Reintroduksi Pusat Informasi, ruang pertemuan, Shelter, pekerjaan Pondok, parkir, pos jaga dan MCK. Reintroduksi Orangutan Pusat daya tarik bagi pengunjung lokal dan asing. Kegiatan yang dapat dilakukan adalah konservasi pendidikan ekosistem, pengenalan ekosistem rawa gambut, dan membina cinta alam (untuk siswa).

5.  Pantai Ujung Pandaran

Pantai Ujung Pandaran adalah objek wisata pantai yang terkenal di kalimantan tengah tepatnya di Teluk Sampit ,Kab. Kotawaringin Timur,  yang jaraknya sekitar 80Km dari kota Sampit dan berbatasan dengan Kab. Seruyan. Pantai Ujung Pandaran dengan hamparan pasir putih yang bersih dan menawan dan didalamnya terdapat pula berbagai biota laut diantaranya ubur-ubur, ikan pari, berbagai jenis ikan kecil yang hidup di terumbu karang.


Keberadaan Pandaran Pantai Ujung jauh dari keramaian kota adalah tempat yang bagus untuk liburan. Pantai Ujung Pandaran termasuk jenis miring pantai dan berdekatan dengan Laut  Utara. Pantai ini juga menawarkan pemandangan matahari terbenam atau matahari terbenam yang indah . Tempat ini juga sering dijadikan tempat Kemah-kemah besar bahkan tingkat Provinsi.

Bagi Kalian yang suka berpetualang dan pemburu objek wisata, sudah seharusnya anda mencoba 5 objek wisata tersebut, tentunya di Kalimantan Tengah bukan cuma itu saja ya.

Post a Comment

Silahkan bekomentar jika ada kritik dan saran.

[recent][fbig2 animated]
Powered by Blogger.