Sebuah website pada umumnya akan diterapkan di internet. untuk bisa menerapkannya di internet sebuah website perlu adanya domain dan juga hosting.

Mengenal Domain


Domain name atau nama domain merupakan nama unik yang digunakan untuk identifikasi alamat sebuah website di internet. Contohnya : google.com, youtube.com, facebook.com, twitter.com, dll.
 Sejarah identifikasi sebuah website di internet dikenal sebagai deretan angka yang disebut IP Address, misalnya 56.201.10.19 .

Namun dengan berkembangnya teknologi, digunakan penamaan menggunakan sebuah nama sebagai penggalamatan IP Address tersebut dengan tujuan untuk memudahkan mengingat dan mengenalinya.
Nama ini nantinya akan dikenal sebagai Domain Name(Nama Domain). Nama domain adalah nama yang unik, sehingga satu domain hanya bisa dimiliki oleh pemilik.

Nama domain terdiri dari 2 bagian, yaitu nama identitas domain/organisasi dan akhiran. contohnya bahalap(awalan) .com(akhiran). Kedua bagian ini dipisahkan dengan tanda titik (dot).



Jika bagi anda yang pernah membeli domain, sebenarnya anda tidak benar-benar membelinya, bahkan anda bisa disebut hanya menyewa, dalam artian jika anda tidak membayar domain yang anda beli sedangkan masa berlaku telah habis, maka orang lain bisa saja memilikinya atau menyewa domain yang sudah tidak ada penyewanya lagi, Karena jika tidak diperpanjang maka akan habis/expired.



Ekstensi atau bagian akhir nama domain seperti .com, .net, .org dan seterusnya bisa disebut juga sebagai Top-Level Domain(TLD) , merupakan level tertinggi nama domain. Setelah TLD barulah identitas nama website contohnya bahalap dari (bahalap.com), nah nama bahalap pada website bahalap.com ini disebut Second-level domain.



Mengenal Hosting


Jika Nama domain adalah sebuah alamat rumah, maka Hosting disebut sebagai rumahnya.
Hosting (disebut juga Web Hosting / sewa hosting) adalah penyewaan tempat untuk menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website dan sehingga dapat diakses lewat Internet. Data disini dapat berupa file, gambar, email, aplikasi/program/script dan database.
[recent][fbig2 animated]
Powered by Blogger.