Gerojot Mania ~ Halo sahabat bahalap yang hobi mancing, disini admin akan membagikan beberapa informasi berkenaan dengan lure (umpan tiruan) buat casting berdasarkan daya apung di air.


1. Floating type
Sering digunakan istilah lain secara berganti-ganti, yakni surface lures dan top water lures, merupakan lure yang bermain di permukaan atau untuk target top water atau ikan-ikan di permukaan.

2. Suspending type 
1/2 mengapung dan 1/2 tenggelam atau berada di pertengahan air. Umpan ini biasanya dilengkapi bahan apung dan pemberat yang seimbang sehingga umpan tidak tenggelam dan tidak juga mengambang.
Tipe umpan melayang ini ada yang secara khusus disebut rapping plug, ditandai dengan kemampuan melayang di tengah-tengah air. Dalam penggunaannya, rapping plug dapat bergerak zig-zag sehingga akan terlihat seperti ikan hidup sungguhan.

Catatan: Ada juga apa yang disebut sebagai Subsurface Lures, yakni umpan yang bermain di bawah permukaan air, umpan ini pada dasarnya mengapung, namun jika ditarik secara otomatis akan menyelam sedikit dibawah permukaan air.

3. Sinking type
Yakni lure yang dibuat dari bahan yang berat dan cepat sekali tenggelam untuk target ikan di dekat dasar. Contoh ikannya adalah Ikan Krandang.

Catatan: Untuk penamaan umpan yang ditujukan untuk masuk ke dalam air, ada yang disebut diving lures. Hanya saja “diving lures” akan mengambang jika dibiarkan dan akan masuk menyelam jika ditarik. Tipe ini akan menyelam lebih dalam kalau ditarik dibandingkan tipe “subsurfaces lures” misalnya.

Kedalaman umpan ini menyelam sangat tergantung desain bibir umpan buatan ini, semakin lebar bibirnya semakin dalam umpan ini menyelam kalau ditarik dan biasanya diving lures ini tertulis pada kemasannya berapa kedalaman yang bisa dicapai oleh lure ini.

Post a Comment

Silahkan bekomentar jika ada kritik dan saran.

[recent][fbig2 animated]
Powered by Blogger.