Bagi Rumah Sakit yang melayani pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang saat ini menggunakan aplikasi INACBG 5.1, disini saya akan membagikan sedikit pengalaman mengenai problem saya dengan INACBG, yang pernah terjadi. permasalahannya yaitu pada saat melakukan Grouper terjadi error, dan permasalahan lainnya ketika sukses melakukan Grouper, justru pada saat melakukan kirim Klaim online justru yang tampil adalah "Pengiriman data Klaim Gagal. Mohon Check Koneksi Internet", padahal internet lancar jaya,Kemungkinan karena koneksi internetnya yang tidak stabil atau terputus, akhirnya saya menggunakan Kabel LAN untuk koneksi internetnya langsung, namun hasilnya tetap saja seperti itu. Padahal dikomputer yang satunya tetap bisa dijalankan sebagaimana mestinya, lah trus apa masalahnya ? Setelah saya cek OS Windows memang agak sedikit berbeda, yaitu yang Normal menggunakan Windows 32Bit dan yang bermasalah menggunakan Windows 64Bit dengan putus asa saya mengambil jalan terakhir yaitu melakukan Instal Ulang pada komputer yang bermasalah, namun apa yang terjadi. Aplikasi tetap saja bermasalah. pada saat itu saya cukup dibikin pusing, karena pasien yang akan diklaim juga sudah mulai banyak, meskipun Rumah Sakit yang saya tangani ini masih tergolong Rumah sakit Tingkat D, yang biasanya dikerjakan dengan 3 komputer ini terpaksa mengoperasikan 2 komputer saja untuk entry dan juga Klaim online.
Setelah saya saya ceritakan permasalahan saya, disini ada beberapa solusi bagi teman-teman yang mengalami permasalahan yang sam dengan saya.
Apa yang saya lakukan ?
Karena saya tidak menemukan solusi, maka saya tanya dengan teman yang bekerja dirumah sakit daerah lain, Saat itu tanya-tanya melalui Telepon tidak begitu jelas, akhirnya saya memutuskan untuk datang ke tempat kerja beliau, dengan membawa PC 2 unit, untuk jaga-jaga saja siapa tau nanti yang satunya error juga, setelah sampai tujuan dengan akhirnya saya ceritakan yang terjadi
Setelah lelah otak-atik aplikasi INAC