Sudah seharusnya anda mengetahuinya, sadar tidak sadar setiap pergerakan anda telah diamati oleh Google, teknologi itu bagai pisau yang bermata dua, ada manfaat dan kerugian juga yang bisa kita dapatkan. Apakah Anda ingat tentang film Minority Report ketika Tom Cruise sedang melarikan diri, tapi dia selalu saja terlacak karena di mana-mana ia pergi ada pelacak lokasi yang dikirim ke database pusat?  Nah, ternyata Google telah mengembangkan sesuatu yang serupa, melacak pengguna Smartphone kemana saja mereka pergi.
 Dengan ditandai titik-titik merah yang terdapat pada peta untuk menandai dimana dan kemana dia pergi atau pergerakannya, yang membuat seseorang lebih mudah untuk mengetahui telah kemana saja dia bepergian. Google Maps Melacak Setiap Gerakan Anda dan Ada Website untuk Buktikannya Tidak Percaya ? Jika memang anda tidak yakin dengan penjelasan diatas, anda bisa membuktikannya sendiri dengan cara buka link ini, silahkan login ke akun Google anda kemudian anda akan melihat setiap pergerakan anda yang ditandai dengan titik dan juga garis merah yang ada pada maps/peta. Bahkan anda juga bisa melihat setiap pergerakan anda dihari tertentu dengan memilih tanggal yang ada pada menu. Yang lebih hebatnya lagi, tidak peduli dengan pengaturan privasi Anda pilih, informasi Anda masih tetap dikumpulkan dan disimpan di data penyimpanan Google. Kabar Baiknya adalah anda dapat meminimalkan sampai sejauh mana anda dapat terlacak oleh google, dengan mengikuti prosedur dibawah ini, cukup ikuti langkah-langkahnya. Jangan lupa untuk memberitahukan kepada teman-teman anda dan keluarga, dan memang seharusnya mereka mengetahuinya.
Cara Menonaktifkan Pelacakan Google dan Menghapus Historynya
Matikan GPS yang ada pada Smartphone anda agar lokasi anda tidak terlacak. Kemudian masuklah ke Timeline Google Maps anda melalui link yang sudah saya bagikan diatas, untuk memeriksa apakah riwayat lokasi diaktifkan pada akun Anda, pergi ke halaman Riwayat Lokasi Google Maps dan klik tombol ikon berbentuk roda gigi untuk mengakses pengaturan riwayat Anda. Anda dapat menonaktifkan atau mengaktifkan layanan di sana. Jika Anda ingin menghapus lokasi Google Maps telah disimpan selama 30 hari terakhir, pertama kembali ke halaman Riwayat Lokasi. Periode waktu default menunjukkan riwayat lokasi untuk hari ini, sehingga Anda mungkin tidak melihat alur pergerakan anda pada peta seperti halnya pada gambar diatas. Gunakan menu pull-down di bawah kalender di sebelah kiri untuk menunjukkan sejarah Anda selama 30 hari. Jika Anda memilih periode waktu di mana Google Maps melacak lokasi Anda, Anda akan melihat semua titik alur gerakan Anda yang  berada di peta. Di bawah kalender, Anda akan melihat opsi untuk menghapus riwayat dari periode waktu yang telah Anda pilih atau untuk menghapus semua history maps Anda di Google.
Segi Positif dari teknologi ini adalah, anda dapat melacak Smartphone anda saat hilang.
Semoga Artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa Share agar banyak yang tahu.
[recent][fbig2 animated]
Powered by Blogger.