Jenis-jenis kejahatan Cyber sudah banyak macamnya, mulai dari pembobolan website, baik website pribadi, pemerintahan dan juga beberapa bulan terakhir kita di gemparkan dengan adanya pembobolan sebuah website penjualan tiket, yang beralamat Tiket.com, telah dibobol.
Kejahatan Cyber bukan hanya website semata, modus kejahatan terhadap ATM (Automated Teller Machine) juga masih sering dilakukan, nah dalam kesempatan kali ini, coba kenali 6 modus kejahatan melalui ATM.
Card skimmer/Skimming
Skimmer

Intinya, penjahat hanya perlu dua hal: duplikat kartu ATM Anda dan PIN-nya. Jangan kaget, keduanya diperoleh secara tidak langsung dari tangan Anda sendiri sewaktu menggunakan Automatic Teller Machine. Dengan sembunyi-sembunyi, penjahat telah memasang alat tertentu pada mesin ATM tersebut sebelum calon korban menggunakannya.

Slot Kartu Terasa Lebih Besar

Slot ATM Terlalu Besar

Hati-hati ketika anda memasukkan kartu namun terasa agak longgar atau slot terasa terlalu besar, karena ada kemungkinan telah diletakkan slot kartu pembaca tambahan yang ditempatkan diatas atau dibawah slot yang sebenarnya.

Slot Longgar

Slot Longgar

Jika yang diatas Slot kartu terlalu besar, tanda lain dari pembobolan ATM yaitu dengan adanya "Slot Kartu Longgar". Jadi, seandainya slot itu tampak goyah atau longgar, ini menunjukkan adanya perangkat tambahan yang ditempatkan pada slot ATM yang digunakan untuk menahan kartu anda keluar, dan terkadang terjadinya kartu ditelan mesin ATM.

Tampilan Layar Berbeda

Tampilan Layar ATM Berbeda

Untuk yang satu ini agak sulit terdeteksi karena terkadang tampilan ATM dengan bank yang berbeda maka beda pula tampilannya, atau terkadang ada Mesin ATM yang baru dan lama ada sedikit perbedaan sehingga kita berfikir bahwa tampilan yang kita gunakan itu adalah yang asli padahal sebenarnya itu sudah di retas/hack. Jika seperti itu maka laporkan ke petugas BANK anda, jika ada orang yang menawari jasa untuk membantu pada saat itu juga, sebaiknya anda tolak, jika dia bukan dari petugas BANK yang resmi.

Tombol Palsu

tombol atm palsu

Modus kejahatan ATM lainnya yaitu dengana adanya tombol keypads palsu, yang diletakkan diatas tombol yang sebenarnya, jika ketika anda menekan tombol terasa berbeda, terasa kenyal atau agak keras, maka jangan lanjutkan untuk memasukkan PIN ATM anda.

Kamera Tersembunyi

Kamera tersembunyi di ATM

Selalu tutup tombol anda ketika anda memasukkan PIN pada ATM, karena ada kemungkinan pada ATM telah diletakkan kamera tersembunyi untuk memantau aktifitas anda saat memasukkan PIN.

Semoga Artikel ini bermanfaat dan jangan lupa dishare agar teman dan kerabat anda tidak terkena modus kejahatan ATM.

Post a Comment

Silahkan bekomentar jika ada kritik dan saran.

[recent][fbig2 animated]
Powered by Blogger.